Sabtu, 09 Februari 2013

5 Masjid Terindah Di Dunia

1. Masjid Muhammad Ali Pasha, Kairo


Masjid Muhammad Ali Pasha di Kairo, merupakan masjid terbesar yang pernah dibangun pada awal abad 19. Dibuat sebagai simbol mengenang Tusun Pasha, anak tertua Muhammad Ali Pasha yang meninggal pada tahun 1816. Sampai saat ini, masjid ini masih jadi daya tarik favorit mereka yang mengunjungi Kairo, Mesir.

2. Great Mosque, Xi'an, China

Great Mosque of Xi'an berlokasi di dekat Drum Tower, provinsi Shaanxi, Cina. Masjid berdesain khas Cina ini merupakan salah satu yang tertua di dunia; dibangun pada tahun 742.

3. Masjid Jamek, Kuala Lumpur


Masjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur, Malaysia. Didesain oleh Arthur Benison Hubback, masjid ini dipengaruhi arsitektur khas Moors yang merupakan desain khas Afrika Utara.

4. Masjid Badshahi, Lahore

Masjid Badshahi berada di Lahore, Pakistan. Mampu mengakomodasi 5.000 jamaah di dalamnya, dan didesain dengan arsitektural gaya Mughal yang kental. Masjid ini dibangun oleh Aurangzeb pada tahun 1671.

5. Baiturrahman Great Mosque, Aceh

Masjid Raya Baiturrahman, Aceh, Indonesia. Ini merupakan masjid yang dianggap sebagai simbol Aceh, khususnya sejak kejadian bencana tsunami tahun 2004. Masjid ini sudah berada di tengah kota kala itu bernama Bandar Aceh Darussalam sejak zaman kesultanan.

Ada dua versi hikayat pendiriannya. Ada yang menyebut Sultan Alauddin Johan Mahmud Syah membangun masjid ini pada abad ke-13 Masehi. Namun versi lain menyatakan Baiturahman didirikan pada abad 17 Masehi, pada masa kejayaan pemerintahan Sultan Iskandar Muda Perkasa 'Alam.

Desain masjid ini bergaya elektrik yaitu suatu rancangan yang dihasilkan dari gabungan berbagai unsur dan model terbaik dari berbagai negara sehingga bangunan masjid menjadi begitu megah dan indah, dan dipengaruhi gaya khas Belanda, Spayol, Persia dan India Moghul, tak lepas, pengaruh lokal juga membuat desain masjid ini terlihat menarik.

www.atjehcyber.net

0 komentar:

Posting Komentar